butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 mengenal panel listrik - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

mengenal panel listrik

Mengenal Panel Litrik,Jenis,Komponen Dan Fungsinya

Staniacivil.Com - Panel Listrik Adalah Sebuah Perangkat terminasi dalam box Yang Fungsinya Untuk Membagi Dan Kemudian Mendistribusikan Energi Listrik Dari Sumbernya Kepemakai.

Komponen pada panel listrik

Untuk Menyusun Sebuah Panel listrik. Banyak Komponen Penting Yang Perlu Kita Kenali Terlebih Dahulu. Harga Panel Listrik bisa Ditentukan Dari Ukuran box, Bahan, Model Dan Spesifikasinya. Berikut Ini ni beberapa komponen yang terdapat pada panel listrik. Antara lain : 

1. Box Panel

2. Miniatur Circuit Breakermmx (MCB)


3. Fuse Holder

4. Kabel Duct

5. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)


6. skun kabel

7. kabel ties/nylon kabel
8. kabel NYAF

9. Pilot Lamp atau Lampu Panel


 10. spiral kabel

11. Push Button


12. Selector Switch


13. Emergency Stop

 14. Kontaktor 3 Phase atau 1 Phase


 15. Timer Listrik
 


16. TOR ( Thermal Overload Relay)

 17. Capacitor Bank

 18. Terminal Block


 19. Omega Rails atau Din Rails


20. Relay Control 


 21. Power Supply 

 22. Programmable Logic Control (PLC)

 23. Ampere Meter Digital


 24. Volt Meter Digital

 25. Power Meter Digital

 26. Human Machine Interface (HMI)

 

Macam-macam jenis panel listrik

kami ulas lebih dari satu penjelasan singkat tentang macam-macam panel listrik dan spesifikasinya :


Panel Genset AMF ATS


Panel genset AMF ATS sering disebut juga sebagai automatic start dan stop genset. AMF yang merupakan singkatan berasal dari Automatic Main Failure.

Panel ini merupakan salah satu komponen terhadap genset yang punya fungsi untuk menghidupkan genset secara otomatis jika berlangsung pemadaman listrik berasal dari PLN.

Sedangkan fungsi ATS (Automatic Transfer Switch) bermanfaat untuk menutup aliran listrik berasal dari PLN dan terhubung suplay listrik secara otomatis.


Main Distribution Panel (MDP)


Main Distribution Panel (MDP) merupakan model panel listrik yang bermanfaat untuk membagi dan menerima suplai listrik berasal dari LVMDP. Lalu sesudah itu mensuplaynya menuju ke panel listrik yang selanjutnya.


Sub Distribution Panel (SDP)


Jenis panel listrik yang berikutnya adalah Sub Distribution Panel (SDP). Panel listrik yang satu ini pakai Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) untuk mendistribusikan listrik yang berasal berasal dari panel LVMDP.


Panel Change Over Switch (COS)


Jenis panel listrik yang setelah itu adalah panel change over switch. Fungsi panel model ini adalah untuk  memutus dan menyambung  aliran arus listrik segera berasal dari pusat (sumbernya). Panel listrik model ini biasanya dioperasikan secara manual dan otomatis. 


Panel Synchronizing


Panel Synchronizing atau yang lebih dikenal sebagai Panel Synchron genset merupakan panel yang terdiri berasal dari dua atau lebih dan dioperasikan secara otomatis maupun manual.

Pada panel Synchronizing biasanya terdiri berasal dari lebih dari satu genset bersama dengan kapasitas yang berbeda. Yang mana genset selanjutnya bakal menerima beban secara seiring dan digunakan sesuai bersama dengan kebutuhan.


Panel Listrik LVMDP dan LVSDP


LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) punya fungsi untuk memeriksa kekuatan berasal dari Transformator sesudah itu mendistribusikannya terhadap panel LVSDP.

Sedangkan panel listrik LVSDP (Low Voltage Sub Distribution Panel) punya fungsi untuk mendistribusikan kekuatan kepada beragam macam alat elektronik yang lainnya.


Panel Level Control


Sering disebut sebagai Water Level Control (WLC) adalah salah satu model panel listrik yang di dalam metode pengoperasiannya pakai kekuatan listrik sebagai motor listrik untuk memompa air.

Panel model ini biasanya banyak digunakan terhadap beragam industri pompa air atau bahkan keperluan tempat tinggal tangga.

Fungsi utamanya yaitu untuk mengontrol tangki penampungan sesuai bersama dengan kapasitas airnya. WLC ini juga ditambah bersama dengan pelampung yang bermanfaat untuk menentukan batas air di dalam penampungan.

Oleh gara-gara itu, kamu tidak mesti  risau air bakal terbuang percuma jika bak penampungan penuh. Karena panel listrik yang satu ini bakal mati secara otomatis jika air telah penuh.


Panel KWH


Jenis panel listrik yang pertama adalah panel KWH yang bermanfaat untuk jadi tempat berkumpulnya lebih dari satu KWH.

Fungsi lainya yaiutu juga sebagai alat pengukur kekuatan bersama dengan beban masing-masing. Panel KWH meter biasanya banyak digunakan terhadap pemakaian bersama dengan skala besar seperti terhadap perusahaan dan lain sebagainya.


Panel Capacitor Bank

Panel listrik yang setelah itu adalah panel capacitor bank. Berbagai keuntungan sanggup kamu peroleh kala pakai panel listrik yang satu ini.

Salah satunya adalah sebagai penurun ampere bersama dengan beban motor, sebagai penghilang kekuatan induktif terhadap motor, memicu motor lebih stabil dan dingin sekaligus menghemat pemakaian kekuatan listrik.

Semoga bermanfa’at.(Ast)




0 Response to "mengenal panel listrik"