butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 Apa itu kubikel Dan Apa Fungsinya - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

Apa itu kubikel Dan Apa Fungsinya

 Apa itu kubikel Dan Apa Fungsinya

Staniacivil.com - Mentok - Kubikel adalah salah satu komponen atau peralatan listrik dalam proses tenaga adalah Kubikel Tegangan Menengah. Kubikel amat perlu dalam mengendali, memelihara dan membagi tenaga listrik dari sumber listrik. Begitu pentingnya kubikel supaya kami tertarik untuk membahas mulai dari pengertian kubikel, manfaat kubikel, jenis-jenis kubikel, bagian-bagian kubikel dan kompoen-kompoen kubikel.

Pengertian Kubikel Tegangan Menengah

Kubikel Tegangan Menengah adalah  peralatan listrik yang gunanya sebagai pembagi, pengendali, penghubung dan pelindung tenaga listrik. kubikel terdiri dari tiga bagian utama, yakni Incoming, Metering dan Outgoing yang masing-masing mempunyai fungsinya tersendiri.

Fungsi Kubikel Tegangan Menengah

Fungsi utama kubikel adalah untuk mengendalikan, memelihara dan membagi tenaga listrik. Secara spesifik,fungsi kubikel adalah sebagai berikut

1. Mengendalikan sirkuit yang dilaksanakan oleh saklar utama.
2. Melindungi sirkuit yang dilaksanakan oleh fuse, saklar pemisah (PMS) dan pemutus tenaga (PMT).
3. Membagi sirkuit dilakuan oleh bagian jurusan/kelompok (busbar).
4. Mengukur besaran listrik (Tegangan, arus, daya, frekuensi dll) yang dilaksanakan oleh alat metering.

Jenis-Jenis Kubikel Dan Perlengkapannya

Kubikel tegangan menengah di gardu induk sanggup dibagi berdasarkan manfaat atau penempatannya. Berikut ini merupakan jenis-jenis kubikel beserta komponen-komponen penyusunnya

A. Kubikel Incoming

Kubikel Incoming berfaedah sebagai penghubung dari sisi sekunder trafo daya ke busbar 20 kV.Tegangan 20 kV dari sisi sekunder trafo masuk ke dalam busbar 20 kV yang berada di dalam kubikel 20 kV. 

Adapun komponen-komponen dalam Incoming adalah sebagai berikut:

1. Busbar

Busbar digunakan untuk menghimpun daya listrik dengan tegangan 20 kV dan juga membaginya ke tempat-tempat yang diperlukan.Busbar dibuat dari tembaga atau aluminium dengan bentuk sesuai dengan desain dari masing-masing pabrik.

2.PMS (Pemisah)

Disconnecting switch (DS) atau Pemisah (PMS) adalah peralatan terhadap proses tenaga listrik yang berfaedah sebagai saklar pemisah yang sanggup memutus dan menyambung rangkaian dalam situasi tanpa beban, Proses buka tutup PMS mempunyai interlocking dengan PMT dan earthing switch. Mekanisme interlocking berikut adalah :

a. PMS tidak sanggup ditutup ketika PMT dalam posisi tertutup.
b. Saklar pembumian (Earthing Switch) sanggup ditutup hanya ketika PMS dalam situasi terbuka.
c. PMS sanggup ditutup hanya ketika PMT dan ES terbuka.

3.Earthing Switch

Saklar pentanahan digunakan kalau akan dilaksanakan pemeliharaan terhadap proses dan menghalau tegangan akibat kapasitansi yakni dengan menghubungkan saluran yang bertegangan ke bumi. Dalam situasi normal saklar pentanahan terhadap posisi terbuka dan bila saluran transmisi mengalami problem hubung singkat maka saklar pentanahan akan ditutup dengan tujuan melepas tegangan terhadap salusan transmisi.

4.Heater

Heater adalah alat yang berfaedah untuk memelihara komponen-komponen kubikel dari kelembaban udara, gara-gara kelembaban udara sanggup mengakibatkan bercak-bercak kotoran supaya bercak kotoran akan menjadi karatan di peralatan kubikel. Alat ini di operasikan terhadap tegangan 220 Volt dan akan selamanya beroperasi kendati kubikel dalam situasi normal/off maupun selagi membuka ke bumi.Heater termasuk terdapat terhadap Kubikel Metering dan Outgoing.

 

B. Kubikel Metering

Kubikel ini berfaedah untuk keperluan pengukuran.  Kubikel ini ditambah dengan alat pengukuran , layaknya amperemeter, voltmeter, dan wattmeter. Selain itu, kubikel ini termasuk ditambah dengan alat proteksi, layaknya fuse.

Adapun alat – alat yang terdapat dalam kubikel metering sebagai berikut:
1. Fuse

Pada kubikel terdapat suatu sekering tegangan menengah yang kerap disebut sebagai solefuse yang digunakan untuk memelihara trafo tegangan dari gangguan.

 2.Trafo Tegangan (Potensial Transformer)

Trafo Tegangan berfaedah untuk turunkan tegangan tinggi atau tegangan menengah menjadi tegangan rendah.Trafo ini membuat perubahan tegangan menjadi besaran ukur sesuai dengan tegangan alat-alat pengukuran. Trafo ini terjalin dengan jaringan tegangan 20 kV melalui perantara fuse.

Trafo Tegangan gunanya untuk turunkan tegangan tinggi atau tegangan menengah menjadi tegangan rendah.Trafo ini membuat perubahan tegangan menjadi besaran ukur sesuai dengan tegangan alat-alat pengukuran. Trafo ini terjalin dengan jaringan tegangan 20 kV melalui perantara fuse.

 

C. Kubikel Outgoing

Kubikel outgoing merupakan sebagai kubikel penghubung dari  busbar 20 kV yang ada di dalam kubikel dengan jaringan tegangan menengah. Pada kubikel outgoing terdapat Circuit Breaker (CB).

1. Pemutus Tenaga (Circuit Breaker)

 Pemutus tenaga atau Circuit Breaker adalah suatu peralatan listrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memastikan arus listrik sesuai dengan ratingnya. Circuit breaker ini sanggup dioperasikan secara otomatis maupun manual dengan selagi pemutus atau penyambungan yang selamanya sama, gara-gara factor ini ditentukan oleh struktur mekanisme yang manfaatkan pegas.

SF6 CB adalah pemutus rangkaian yang manfaatkan gas SF6 sebagai sarana pemadam busur api. Gas SF6 merupakan gas berat yang mempunyai pembawaan dielektrik dan pembawaan memadamkan busur api yang baik sekali. Prinsip pemadaman busur apinya adalah Gas SF6 ditiupkan selama busur api, gas ini akan mengambil alih panas dari busur api berikut dan akhirnya padam. Rating tegangan Cbnya  adalah sekitar 3.6 KV – 760 KV.

2. Trafo Arus (Current Transformer)

Current Transformer (CT) adalah suatu peralatan transformator yang ditempatkan dalam rangkaian tenaga listrik yang berfaedah sebagai peralatan ukur yang dihubungkan dengan relay pengaman. Dengan transformator arus sanggup diperluas batas pengukuran suatu alat ukur

 

D. Kubikel Kopel (Bus Kopling)

Kubikel Kopel merupakan bagian dari type kubikel yang berfaedah sebagai penghubung antara rel 1 dengan rel 2

Demikian ulasan singkat btentang kubikel. jika ada kalimat dan penyebutan yang salah atau keliru, moho dikoreksi da komen dibawah agar kita bisa perbaiki. semoga bermanfa'at. Terimakasih.

Penulis : Cloucia
Editor : Ardy Stania
Sumber : bermacam-macam referensi

3 Responses to "Apa itu kubikel Dan Apa Fungsinya"

Anonymous said...

Bukan intalasi rumahan.jarang ditemui ini

Anonymous said...

baikla, terimakasih

Anonymous said...

orang orang tertentu yang berada disini ya bang