butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 DONOR DARAH - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

DONOR DARAH

DONOR DARAH
Hallo kawan-kawan! 
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh..
Salam sejahtera buat kita semua...

Hari ini, senen(14/6/2021) adalah Hari donor darah sedunia. olahkarna itu Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang donor darah, manfa'at bagi kesehatan, jenis-jenis darah dan cara mengajukan permintaan darah ke palang merah indonesia(PMI).

Kegiatan donor darah adalah kegiatan sosial yang mulia karna membantu orang lain yang sedang kekurangan darah sa'at dalam pengobatan.

Komponen darah
Setiap proses transfusi mungkin membutuhkan komponen darah yang berbeda. tergantung kondisinya. Ada yang butuh keseluruhan darah, ada yang butuh hanya sel darah merah saja. Ada yang perlu trombosit saja, atau sebagian dari plasma darah saja. berikut jenish-jenis komponen  darah : 

1. WB : whole blood(sel darah lengkap,utuh)
yaitu eritrosit, leukosit, platelet, serta plasma darah.
 
2. PRC : packed red cell(sel darah merah pekat)
Satu kantong PRC terdiri dari 150-220 mL sel darah merah tanpa plasma darah.
American Association of Blood Banks(AABB) merilis sebuah pedoman baru dan merekomendasikan transfusi PRC pada pasien rawat inap yang kondisinya stabil tapi dengan kadar hemoglobin darahnya (Hb) < 7 g/dL, termasuk pasien ICU.

Sementara itu, pasien yang baru saja menjalani operasi dan memiliki riwayat penyakit jantung dianjurkan untuk mendapatkan transfusi jika kadar Hbnya kurang dari 8 g/dL.

3. TC : trombosite consentrate

merupakan komponen darah yang tidak berwarna yang berfungsi untuk pembekuan darah. terkadang membutuhkan beberapa pendonor untuk mendapatkan sekantong darah trombosite consentrate. itu pun mewajibkan penodor yang belom makan atau setidaknya 3jam stelah makan.

LIHAT JUGA : STOCK DARAH PMI PANGKALPINANG

4. LP : liquid plasma

komponen darah yang berwarna kekuningan. liquid plasma merupakan produk darah yang diproses dari darah utuh. Lp mengandung komponen plasma darah yang berisi faktor pembekuan darah, albumin, imunoglobulin, dan faktor VIII (salah satu faktor pembekuan darah yang terdapat dalam plasma).

Syarat syarat permintaan darah
syarat-syarat dalam mengajukan permohonan permintaan darah pada unit tranfusi darah palang merah indonesia(UTD PMI), terutama bagi peserta kartu BPJS kesehatan, sebagai berikut : 
  • fhotocopy kartu bpjs kesehatan : 2lembar
  • fhotocopy SEP(surat egibilitas pesera) : 2lembar
  • fhotocopy surat rawat inap ruangan : 2lembar
Biaya-biaya(klik disini)
Biaya pengganti pengolahan darah(BPPD) bagi pasien umum/partik :
1. darah : gratis
2. jasa dan administrasi : Rp.18000
3. pemeliharaan,penyusutan alat dan pengebangan SDM : Rp.75000
4. kelompok habis pakai
  • kantong darah : Rp.75.600
  • golongan darah Rh dan Hb : Rp.28.525
  • reagensia pemeriksaan uji silang serasi : Rp.27.500
5. screening(IMLTD dengan metode CLIA) 
  • hepatitis B(HBsAg) : Rp.24.208
  • hepatitis C : Rp.35.250
  • sefilis(TPHA) : Rp.22.497
  • test HIV : Rp.40.600
6. bahan penunjang lainnya : Rp.12.320
maka total yang akan kamu setorkan sa'at mengajukan permohonan darah adalah Rp.360.000_
*ingat! biaya yang dibayarkan tersebut bukanlah untuk membeli darah namun merupakan biaya pengganti pengolahan darah yang dilakukan oleh UTD PMI

Manfa'at donor darah bagi kesehatan pendonor
Selain bermanfa'at bagi orang lain yang sedang membutuhan tambahan darah sa'at dirawat, juga sangat bermanfa'at bagi kesehatan pendonor itu sendiri.
Berikut beberapa manfa'at donor darah bagi kesehatan : 

Mengurangi gejala jantung
iya, benar. dengan melakukan donor rutin bisa membuat jantung kamu sehat. sebab sirkulasi darah akan mejadi lebih baik dan lancar. jantung akan terlatih untuk terus memompa darah. dengan demikian bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

Membakar kalori
ketika kaku sedang mendonorkan darahmu sekantong atau sebanyak 450 ml, maka kamu kehilangan sekitar 650 kalori.

Menurunkan kolesterol
Dengan melakukan donor darah secara rutin, kadar kolesterol yang ada di dalam darah kamu akan berkurang bersamaan dengan keluarnya darah yang lama. kadar kolesterolmu akan memakin normal jika dalam periode berikutnya kamu terus mengurangi konsumsi makanan yang berkolesterol tinggi.
Mengurangi risiko kanker
manfa'at berikutnya dari aksi sosial kamu itu adalah menurunkan risiko penyakit kanker.

Meningkatkan produksi darah
dengan mendonorkan darah secara teratur maka tubuh akan semakin aktif memproduksi sel sel darah baru yang membuat tubuh semakin prima.

Deteksi kesehatan
layaknya belanja dapat diskon atau menyelam sambil minum air. disa'at kamu pergi ke unit tranfusi darah hendak mendonor, disitu kamu sama halnya memeriksakan kesehatanmu. betapa tidak, sebelum melakukan pengambilan darah. kamu akan menjalani serangkai pemeriksaan kesehatan seperti kadar Hb, berat badan, tensi darah, suhu badan,dll yang mana jika kamu sengaja kedokter untuk hal itu, kamu harus kamu membayarnya.
Oke, sekian ulasan ini saya tulis dari beberapa sumber terpercaya. semoga kamu nisa terbuka hati untuk ikut menjadi pendonor darah agar bisa memmudahkan unit tranfusi darah dalam mencari darah yang dibutuhkan untuk pasien.
terimakasih sudah menyimak.
jika terdapat informasi yang menurut kamu ada kesalahan pada pengetikan, penempatan,penyebutan yang tidak benar, atau klaim, kritik saran dan yang lainya, mohon dikoreksi melalui komen dikolom komentar atau hubungi penulis melaui kontak-kontak yang kami cantumkan dihalaman/pages. sebab,walaupun kami sudah menulis dengan sangat hati-hati dan melakukan pemeriksaan secara seksama dan berkala sebelom merilis namun tetap saja kami adalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan kekhilafan. jadi mohon dima'afkan dan dimaklumi. 
Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Salam sejahtera buat kita semua. (ast)

*sumber : utp pmi pangkalpinang, dan beberapa sumber terpercaya lainnya.
#

0 Response to "DONOR DARAH"