butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 PONDASI TELAPAK BUKAN PONDASI CAKAR AYAM - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

PONDASI TELAPAK BUKAN PONDASI CAKAR AYAM

PONDASI TELAPAK BUKAN PONDASI CAKAR AYAM

Pangkalpinang - Hallo sobat staniacivil! Dalam artikel ini saya akan membahas sekaligus meluruskan perihal kelirumologi dalam penyebutan pondasi telapak atau footplate dengan menyebutnya pondasi cakar ayam.

Salah kaprahnya kita semua dikarnakan sudah membudayanya dan jadi penyebutan simpel dalam bahasa sehari-hari. Toh, beberapa arsitekpun menyebut footplate dengan sebutan cakar ayam. walaupun mereka tahu bahwa footplate bukanlah pondasi cakar ayam. Sehingga Masyarakat awampun menjadinya acuan mereka dalam penyebutan pondasi telapak jajadi pondasi cakar ayam. 


Perlu kami ketahui Pondasi cakar ayam yang sebenarnya justru sangat jarang  kita jumpai dibangunan-bangunan konvensional dan dipemukiman pada umumnya. Olehkarna itu mari kita ulas perbedaannya!

Pondasi footplate

Pondasi footplate atau pondasi telapak adalah sebuah susunan beton bertulang yang berfumgsi sebagai kaki, pondasi atau dasar sebuah bangunan atau konstruksi untuk menahan beban sehingga terpusat menahan gedung.

Pondasi footplate ini terbagi lebih dari satu macam, yaitu pondasi tapak plat, pondasi tapak dinding, pondasi tapak paduan dan pondasi tapak setempat. Namun dilihat dari golongan, footplate masuk golongan pondasi dangkal, sementara pondasi cakar ayam masuk golongan pondasi dalam.



Pondasi cakar ayam

Pondasi ini disebut cakar ayam karena wujud fisiknya yang serupa seperti kaki hewan unggas. Pada bagian bawah pondasi ini terdapat pipa-pipa beton bertulang yang menyerupai cakar ayam. Fungsi pondasi cakar ayam ini mampu mencengkeram kuat tanah labil,lunak,lumpur agar bangunan atau konstruksi diatasnya mampu berdiri kokoh.

keunggulan dari pondasi cakar ayam ini adalah mampu berdiri kokoh ditanah labil atau lumpur karena wujud cakar ayam ini mampu mencengkram tanah lumpur agar menjadi dudukan yang kokoh. keunggulan lainya pondasi cakar ayam ini adalah tidak butuh sistem drainase dalam pembuatannya.

Sedangkan Kekurang dari pondasi cakar ayam ini,yaitu cost pembuatan yang lebih mahal dari pondasi konvensional dan pembuatan yang begitu rumit dibanding pondasi biasa.


"Pasti kamu bertanya-tanya. kenapa pondasi cakar ayam tidak beredar luas diinternet?"

Iya, bahkan saat kita browsing dengan kata kunci pondasi cakar ayam" malah gambar an aikel yang muncul tenang pondasi footlate??

Hal Itu karna persoalan hak paten. Jika kamu menginginkan segala sesuatu tentang pondasi cakar ayam, kami harus izin kepada pemegang hak intelektual tersebut.

Baca juga : penemu asal indonesia yang mendunia


Adalah, Profesor.Dr.Ir sedyatmo Hc. mantan pejabat perusahan listrik negara(PLN) tahun 1961 dan beliau keliru satu insinyur sipil terkenal diindonesia yang mendunia karna temuannya. Beliaulah yang menciptakan atau menemukan sistem pondasi cakar ayam berikut bersama dengan rekayasa tehnik.

Pak sedyatmo lahir pada tanggal 24 oktober 1909 disolo. beliau alumi holland engglish school(HIS). mendapat beasiswa dari mangkunegara untuk melanjutkan di meer uitgebried lager onderwijs(MULO) SMP nya jaman kolonial belanda. 

Selanjutnya beliau melanjutkan ke aglemeene middelbare school(AMS) jogja SMA nya jaman itu. sehabis lulus di AMS beliau mendapat beasiswa lagi untuk kuliah di technicshe hoogeschool civil engineering colloge yang saat ini menjadi ITB bandung.

Sekarang sudah tahu kan mana pondasi cakar ayam, mana pondasi telapak, mana pondasi dangkal, mana pondasi dalam.

Jika adalah kalimat yang salah dalam penyebutan, penguraian dan jika ada juga kesalahan-kesalahan pada artikel ini, mohon dikoreksi melalui komen.

Semoga bermanfa'at. Terimakasih.

Penulis : Ardy Stania
Editor : ClouCia
Sumber : berbagai referensi terpercaya 

0 Response to "PONDASI TELAPAK BUKAN PONDASI CAKAR AYAM"