butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 Mengenal MCB dan fungsinya - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

Mengenal MCB dan fungsinya

Mengenal MCB jenis dan fungsinya


Staniacivil.com - Mcb (mini circuit breaker) adalah salah satu komponen penting dalam instalasi listrik sebuah bangunan baik itu rumah atau gedung-gedung yang berfungsi sebagai pengaman atau menjaga keamanan dan keselamatan pengguna listrik.

MCB ini berperan pemutus sirkit sat terjadi gangguan pada instalasi listrik, sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran,kerusakan pada peralatan listrik atau bahaya yang lebih besar lagi.

Keuntungan menggunakan McB yang dipadu pada instalasi listrik adalah kemampuan mereka untuk memutus arus secara otomatis saat terjadinya gangguan. Selain itu, MCB juga dapat dipasang kembali dengan mudah sesaat setelah pemutusan terjadi. Hsl ini sangat berbeda dengan menggunakan fuse yang perlu diganti setelah terjadi pemutusan mendadak yang disebabkan trouble.

MCB yang baik harus dapat bekerja dengan cepat dan akurat mendeteksi overcurrent. Dengan Waktu respon yang sangat cepat akan memastikan agar arus terhenti mengalir sebelum sempat menyebab kerusakan dan kebakaran diinstalasi listrik dan peralatan lainnya. Elain itu MCB juga dapat menangi beban listrik yang berbeda sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya.

Pemasangan MCB harus dilakukan secara benar dan sesuai standard keamanan. Kalau diindonesia acuan standarisasinya adalah PUIL(persyaratan umum instalasilistrik) pemasangan MCB harus dilakukan oleh tenaga ahli atau tehnisi yang sudah berpenglaman dan tersertifikasi.

Dalam penggunaan MCB perlu dilakukan perawatan secara rutin dan bertahab untuk memastikan MCB masih terus bekerja dengan baik.


BACA JUGA : CARA SETTING MCB


Fungsi MCB

MCB sendiri memainkan peran perlu didalam perihal proteksi arus lebih dan juga sebagai alat disconnect pada jaringan listrik. MCB merupakan alat yang didesai untuk mengisolasi urutan berasal dari problem arus lebih layaknya overload (beban lebih) dan short circuit (hubungan singkat). Selain itu, MCB juga merupakan alat pemutus yang terlalu baik digunakan untuk mendeteksi besaran arus lebih .


Seperti halnya pada Thermostat Load Relay, MCB miliki Bimetalic; elemen kalau terkena panas akan memuai secara segera maupun tidak segera yang diakibatkan dengan ada arus mengalir, alat Bimetalic ini dibuat dan direncanakan cocok dengan ukuran standar (arus nominal MCB), di mana didalam kala yang terlalu singkat sanggup bekerja shingga urutan beban terlindungi.


Sementara itu, MCB juga ditambah dengan magnet triping yang bekerja secara cepat pada beban lebih atau arus hubung singkat yang besar, juga dioperasikan secara manual dengan menekan tombol. 

Secara garis besar MCB miliki 4tipe dengan kegunaannya tersendiri, yakni sebagai berikut:


BACA JUGA : CARA PASANG BARU METERAN LISTRIK


Jenis-Jenis MCB

1. MCB Tipe B

MCB Tipe B merupakan type MCB yang akan trip kalau arus beban lebih besar 3 sampai 5 kali berasal dari arus maksimum yang tercantum pada MCB (arus nominal MCB). MCB Tipe B ini pada biasanya digunakan pada instalasi listrik di perumahan ataupun di industri ringan.


2. MCB Tipe C

MCB Tipe C adalah type MCB yang akan trip kalau arus beban lebih besar 5 sampai 10 kali berasal dari arus maksimum yang tercantum pada MCB (arus nominal MCB). MCB Tipe C ini biasanya digunakan pada Industri yang membutuhkan arus yang lebih tinggi layaknya pada lampu penerangan gedung dan motor-motor kecil.


3. MCB tipe CL

Perlu diketahui bahwa MCB tipe CL ini adalah MCB khusus PLN makanya sering tertulis milik PLN diMCB ini.

Tipe CL ini akan trip pada arus beban lebih besar 4 sampai 6kali arus maksimum yang tertera pada MCB ini. Yang berarti tipe ini lebih sensitif dibanding tipe C.


4. MCB Tipe D

MCB Tipe D adalah type MCB yang akan trip kalau arus beban lebih besar berasal dari 10 sampai 25 kali berasal dari arus maksimum yang tercantum pada MCB (arus nominal MCB). MCB Tipe D ini biasanya digunakan pada peralatan listrik yang membuahkan lonjakan arus tinggi layaknya Mesin cahaya X (X-Ray), Mesin Las, Motor-motor Besar dan Mesin-mesin mengolah lainnya. 

Arus Nominal MCB yang umum adalah 6A, 10A, 13A, 16A, 20A, 25A, 32A, 40A, 50A, 63A, 80A, 100A dan 125A.

Demikain ulasan singkat tentang MCB jenis dan fungsinya. Semoga bermanfa'at.(clou)

0 Response to "Mengenal MCB dan fungsinya"