butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 Perbedaan Mcb mccb rcbo elcb dan rccb - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

Perbedaan Mcb mccb rcbo elcb dan rccb

Perbedaan MCB, MCCB,RCBO, ELCB Dan RCCB

Staniacivil.com - Mentok - Dalam dunia kelistrikan khususnya instalasi listrik rumah dan gedung terdapat beberapa komponen pemutus arus. Dari yang sederhana bernama saklar sampai yang lebih kompleks bernama MCB,MCCB,ELCB,RCBO DAN RCCB.

Pemutus arus listrik adalah salah satu model perangkat switching yang mengontrol dan menjaga sistem tenaga listrik secara otomatis.

Dari komponen komponen diatas walau berbentuk sama namun memiliki fungsi yang berbeda. Pada artikel ini kami akan membahas perbedaan dan fungsi MCB,mccb,elcb dan rccb. 


MCB (Miniature Circuit Breaker)

MCB adalah jenis pemutus sirkuit yang digunakan untuk menjaga listrik overcurrent dan problem arus pendek. MCB dirancang untuk mengambil alih kegunaan fuse yang lebih tua dan lebih lambat. Keunggulan MCB meliputi:

Perlindungan yang cepat: MCB bisa mendeteksi arus lebih dalam waktu yang amat singkat dan memutus sirkuit dalam hitungan milidetik. Hal ini mendukung menghambat rusaknya peralatan akibat overcurrent.

Kemudahan penggunaan: MCB ditambah dengan mekanisme reset, yang memudahkan pengguna untuk mengembalikannya ke posisi "ON" sehabis berlangsung pemutusan sirkuit.

Tahan lama: MCB memiliki umur pakai yang panjang dan tahan terhadap pengoperasian yang berulang-ulang.


MCCB - Moulded Case Circuit Breaker

MCCB digunakan untuk mengontrol energi listrik didalam distribusi n / k dan punya konsleting dan dukungan yang berlebihan. Pemutus urutan ini adalah perangkat elektromekanis yang menjaga urutan dari konsleting dan dari arus lebih. Mereka tawarkan konsleting dan arus lebih untuk rentang urutan dari 63 Amps-3000 Amps.

Fungsi utama MCCB adalah menambahkan cara untuk secara manual mengakses rangkaian, secara otomatis mengakses urutan didalam kondisi konsleting atau berlebihan beban. Dalam urutan listrik, arus berlebih sanggup menyebabkan desain yang salah

MCCB adalah opsi untuk sekring gara-gara tidak harus alternatif begitu berlebihan beban terlihat. Tidak seperti sekring biasa, pemutus urutan ini sanggup bersama dengan mudah direset setelah kekeliruan dan tawarkan keamanan dan kemudahan operator yang lebih baik tanpa memperoleh cost pengoperasian. Secara umum, urutan ini punya arus panas untuk arus lebih dan elemen magnetik untuk melewatkan konsleting bekerja lebih cepat.

Karakteristik MCCB lebih-lebih meliputi yang berikut ini

Kisaran arus pengenal hingga 1000 ampere

Arus perjalanan sanggup disesuaikan

Operasi magnetik termal / panas


ELCB - Earth Leakage Circuit Breaker

ELCB digunakan untuk menjaga urutan dari kebocoran listrik. Ketika seseorang tersengat listrik, maka pemutus urutan ini memutus energi pada waktu 0.1 detik untuk menjaga keselamatan khusus dan jauhi gigi dari urutan pada korsleting dan berlebihan beban.

ELCB adalah perangkat keamanan yang digunakan didalam sistem kelistrikan bersama dengan impedansi Earth yang tinggi untuk jauhi guncangan. Ini mencermati tegangan kecil yang tersesat pada bidang logam dari peralatan listrik, dan mengganggu urutan kecuali tegangan tidak safe terdeteksi.

Prinsip utama ELCB adalah menghentikan cedera pada manusia dan alam akibat sengatan listrik. Pemutus urutan ini adalah model khusus relai pengunci yang punya susunan energi masuk yang mengakses melalui kontak-kontak pensakelarannya sehingga pemutus urutan ini memutus supply energi didalam kondisi yang tidak aman.

ELCB mencermati arus problem dari ON ke kabel ground di didalam instalasi yang dijaga. Jika tegangan yang lumayan keluar di semua indra kumparan didalam pemutus rangkaian, itu dapat mematikan supply, dan tetap mati hingga diatur ulang bersama dengan tangan. Pemutus urutan kebocoran pengindera-tegangan tidak mendeteksi arus problem dari yang ada ke badan ground lainnya.

Karakteristik ELCB lebih-lebih meliputi yang berikut ini

Pemutus urutan ini menghubungkan fasa, kabel ground dan netral

Cara kerja pemutus urutan ini terkait pada kebocoran arus


RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection)

RCBO adalah kombinasi MCB dengan ELCB dalam satu perangkat tunggal. RCBO mencampurkan kegunaan dan keunggulan MCB dan ELCB. Berikut adalah penjelasan mengenai RCBO:

  • Perlindungan terhadap overcurrent dan kebocoran arus: RCBO menjaga sirkuit berasal dari overcurrent dan kebocoran arus ke tanah secara simultan.
  • Desain yang ringkas dan praktis: RCBO memiliki desain yang ringkas dan perlu ruang lebih sedikit dalam panel listrik dibandingkan dengan MCB dan ELCB yang terpisah.
  • Kemudahan instalasi: RCBO gampang diinstal dan dihubungkan ke panel listrik dengan koneksi yang tepat.


RCCB - Residual Current Circuit Breaker

Pemutus arus sisa atau RCCB adalah peralatan penginderaan arus perlu yang digunakan untuk menjaga urutan tegangan rendah dari gangguan. Ini terdiri dari perangkat sakelar yang digunakan untuk mematikan urutan dikala berlangsung kekeliruan di rangkaian.

RCCB ditujukan untuk menjaga seseorang dari kejutan listrik, kebakaran dan sengatan listrik disebabkan oleh kabel yang tidak benar atau kekeliruan grounding. Ini model urutan pemutus digunakan didalam kondisi di mana ada kejutan mendadak atau kekeliruan berlangsung di rangkaian.

Misalnya, seseorang tiba-tiba bersentuhan bersama dengan kabel segera yang terbuka di urutan listrik. Dalam kondisi itu, tanpa adanya pemutus urutan ini, kekeliruan ground sanggup berlangsung dan seseorang berada didalam kondisi berbahaya waktu terima guncangan/sengatan.

Tetapi, kecuali urutan yang sama dipertahankan bersama dengan pemutus rangkaian, itu dapat tur urutan didalam sedetik gara-gara itu, jauhi seseorang dari sengatan listrik. Oleh gara-gara itu, pemutus urutan ini baik untuk dipasang di urutan listrik.

Karakteristik RCCB lebih-lebih meliputi yang berikut ini

Kedua fasa kabel dan netral mengakses melalui RCCB

Setiap kali ada kekeliruan ground terjadi, maka ia memutus rangkaian

Jumlah arus supply melalui saluran harus ulang melalui netral. Ini adalah model dukungan guncangan yang amat efektif.

Demikian ulasan perbedaan Mcb,mccb,Elcb dan Rccb. Jika ada kesalahan penyebutan,kata dan selisih pendapat, silahkan komen dibawah agar kita bisa diskusi. Terimakasih.

Penulis : Ardy Stania
Editor : Clou Cia
Sumber : berbagai referensi

0 Response to "Perbedaan Mcb mccb rcbo elcb dan rccb"