butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 NIDI NOMOR IDENTITAS INSTALASI LISTRIK - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

NIDI NOMOR IDENTITAS INSTALASI LISTRIK

SEKARANG INSTALASI LISTRIK  HARUS MEMILIKI IDENTITAS
tehnisi pt.gopal

 JAKARTA - Bukan hanya SLO, sekarang instalasi rumah juga harus mempunyai sebagai syarat wajib untuk pemasangan meteran listrik atau kwh.

Hallo sobat freelancer! kali ini kami akan menginformasikan sebuah peraturan baru didunia ketenagalistrikan yang baru saja diterbitkan oleh kementerian esdm melalui dirjen ketenagalistrikan(djk).

Sebelum mengajukan permohonan pasang baru listrik,sobat harus memiliki sertifikat SLO(sertifikat laik oprasi) dan untuk mendapatkan SLO, terlebih dahulu instalasi sobat harus memiliki NIDI(nomer identitas intalasi tenaga listrik).

Apa itu NIDI?
contoh nomer identitas instalasi listrik-NIDI

Nidi adalah singkatan dari nomor identitas instalasi tenaga listrik. Nidi berupa surat resmi yang  sama seperti akta lahirnya instalasi tersebut. diakta itu akan ada irformasi detail kapan instalasi itu dibangun atau dipasang.

Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan(DJK) menerbitkan peraturan untuk semua instalasi listrik yang baru dipasang wajib memiliki Nomor Identitas Instalasi Tenaga Listrik (NIDI).

Penerbitan NIDI ini berdasarkan hasil laporan para instalatir listrik yang mengerjakan instalasi tersebut. para tehnisi yang mengerjakan instalasi itu juga harus dari badan usaha pemegang izin usaha. pelaporan hasil pekerjaan itu akan dibuat melalui situs Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SI UJANG GATRIK) siujang.esdm.go.id

DOWNLOAD : PERAN NOMOR IDENTITAS INSTALASI TL (NIDI)

Jaminan tentang keselamatan ketenagalistrikan ini sudah memiliki payung hukum yang jelas melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 10 tahun 2021 tentang Keselamatan Ketenagalistrikan. permen ini meneruskan dari Undang-Undang tentang cipta kerja yang permen Nomor 11 Tahun 2020.

Seperti yang di lansir republika.co.id, dirjend ketanagalistrikan, rida mulyana mengatakan NIDI merupakan akta lahir dari suatu instalasi tenaga listrik yang memuat detail informasi dari sebuah instalasi tenaga listrik. NIDI inilah nantinya akan menjadi syarat wajib sa'at dan untuk permohonan Sertifikasi Laik Operasi (SLO), ujarnya.

Kewajiban tersebut telah tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Apa manfaat NIDI?

Dengan adanya NIDI, berarti sudah dipastikan instalasi listrik tersebut dipasang oleh badan usaha yang berizin dan sudah tersertifikasi tentunya sehingga terciptalah keselamatan ketenagalistrikan. dan juga, database instalasi listrik nasional juga dapat diwujudkan.

Bagaimana cara mendapatkan NIDI?

Kamu Bisa mendaftarkan instalasi listrikmu ke situs siujang.esdm.go.id. 
Caranya mudah! Kamu cukup mengakses siujang.esdm.go.id untuk menemukan dan mempekerjakan para instalatir berizin.

atau

untuk wilayah bangka belitung, sobat bisa menghubungi langsung PT.GOPAL badan usaha resmi penyedia jasa pembangunan dan pemasangan(bangsang) instalasi listrik. pt.gopal adalah instalatir mitra PLN

IngatPakailah jasa badan usaha yang berizin untuk pemasangan instalasi listrik sobat. agar listrik aman, kita nyaman. 

Cara Mendapatkan NIDI?

silahkan klik situs: siujang.esdm.go.id

1. Daftar - Membuat akun menggunakan alamat email yang valid

2. Buat Permohonan - Lengkapi data instalasi

3. Pilih Badan Usaha Penyedia Jasa - Komunikasi dengan badan usaha terkait jadwal, administrasi, dll

4. Pelaksanaan Pembangunan - instalatir mulai melakukan pembangunan lalu melaporkan hasil pembangunan instalasi tenaga listriknya

5. Verifikasi dan Evaluasi hasil Pemasangannya - Verifikasi dan evaluasi hasil pembangunan dan pemasangan instalasi tenaga listrik

6 Nomor Identitas Instalasi (NIDI) Terbit

Demikaian ulasan singkat tentang dan pengenalan NIDI yang mana sa'at ini masih terdengar asing.
Terimakasih sudah mampir dan membaca. Jika ada kesalahan-kesalahan dalam pengetikan, penyebutan, peletakan  kata atau juga ada kritik,saran, klaim dan lain lain  mohon dikoreksi melalui komen ataupun melalaui kotak-kontak penulis di halaman/pages.

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih sudah membaca, semoga bermanfa’at.


Penulis : Ardy Stania
Sumber :  esdm, djk, pln, pt.gopal,dll

*nidi ptgopal.id berlaku diseluruh indonesia

3 Responses to "NIDI NOMOR IDENTITAS INSTALASI LISTRIK"

Unknown said...

MASUK

Anonymous said...

tambah ribet ya

Anonymous said...

badan usaha pendukung