butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 CARA SETTING TIMER OMRON H3BA - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

CARA SETTING TIMER OMRON H3BA

 CARA SETTING TIMER OMRON H3BA-8

Staniacivil.com - Mentok - Jika sebelumnya saya sdah membahas timer merk theben(baca artikel-klik disini) maka dalam kesempatan ini saya akan mengulas cara setting timer omron.

TDR atau Timer Delay relay yang lebih dikenal sebutan Timer yang digunakan sebagai pengatur waktu untuk memaktifkan dan mematikan perangkat listrik sesuai waktu yang diinginkan.

Timer omron tipe H3BA-8 adala timer analog yang sering digunakan pada PJU atau penerangan jalan umum.
inilah diagram timer H3BA-8

Output Indicator
Berupa lampu sinyal yang dapat ON (warna merah) kecuali TDR aktif. Lampu dapat berkedip untuk mencounter/ menghitung hingga kontak bergerak.

Ketika kontak telah bergerak, lampu senantiasa menyala (berhenti berkedip) sepanjang TDR masih mendapat sumber.

Scale Range Display Window
Berupa garis Skala untuk pilih settingan pewaktu yang diinginkan.

Time Range Selector
Berupa knob yang sanggup diputar untuk memasang jarum penunjuk (warna merah) untuk pilih lamanya saat tunda yang di inginkan terhadap garis skala,


BACA JUGA : CARA SETTING TIMER THEBEN


Time Unit Display Window
Menunjukkan settingan satuan saat yang digunakan. Pada Timer Omron H3BA pilihan yang ada yakni Sec (detik), Min (menit), Hrs (jam) dan 10h (10 jam) 

Rated Time Selector
Menyerupai sekrup (+) yang sanggup diputar untuk menentukan/ setting rentang saat yang dapat digunakan, Apabila kami putar bersama pakai obeng maka range angka-angkanya dapat berubah.

Pada Timer Omron H3BA range angka waktunya yakni :
0 hingga bersama 10 (0 - 2 - 4 - 6 - 8 -10)
0 hingga bersama 5 (0 - 1 - 2 - 3 - 4 - 5)
0 hingga bersama 1 (0 - 0,2 - 0,4 - 0,6 - 0,8 - 1)
0 hingga bersama 0,5 (0 - 0,1 - 0,2 - 0,3 - 0,4 - 0,5)

Time Unit Selector
Menyerupai sekrup (+) yang sanggup diputar untuk menentukan/ setting satuan saat yang dapat digunakan.
Apabila kami putar bersama pakai obeng maka satuan saat yang tertampil terhadap Time Unit Display dapat berubah, yakni Hrs, Min, Sec dan 10 h

Wiring Timer Omron H3BA

Pada Time Delay Relay (TDR) Omron H3BA terdapat 8 pin terminal yang fungsinya sanggup dijelaskan sebagai selanjutnya :

Terminal 2 dan 7 bermanfaat sebagai input power supply/ catu daya ke coil. Dimana saat power supply diberikan maka TDR dapat jadi bekerja untuk menghitung saat sesuai bersama settingan saat tundanya.
Terminal 1 dan 4 bermanfaat sebagai Kontak NC (Normaly Close). Dimana terhadap saat suasana awal adalah mengakses dan dapat terputus setelah saat tundanya telah tercapai.
Terminal 8 dan 5 bermanfaat sebagai Kontak NC (Normaly Close)
Terminal 8 dan 6 bermanfaat sebagai Kontak NO (Normaly Open)
 

Cara Kerja Timer Omron

Ketika catu/sumber daya diberikan terhadap coil TDR, maka perpindahan kontak NO dan NC terhadap TDR dapat berjalan bersama jeda saat sesuai bersama settingan yang telah diatur.

Adanya jeda saat perpindahan kontak inilah yang jadi perbedaan antara TDR bersama relay biasa. Pada relay biasa disaat catu/sumber daya diberikan terhadap coilnya, maka kontak NO dan NC nya dapat segera berpindah tanpa ada jeda waktu.

Saat coil TDR (2-7) mendapat arus/ sumber listrik maka TDR dapat jadi menghitung sesuai bersama settingan yang telah diset.

Ketika saat jeda sesuai setting telah tercapai maka kontak NO TDR (1-3) dan (8-6) yang sebelumnya terputus dapat terhubung. Sebaliknya kontak NC TDR (1-4) dan (8-5) yang sebelumnya mengakses dapat terputus.

Kondisi NO dan NC ini dapat bertahan sepanjang coil masih mendapat arus/ sumber listrik, dan hanya dapat ulang ke suasana seperti awal seandainya sumber listrik ke coil diputuskan.

Demikian ulasan singkat cara setting timer omron. jika ada kalimat dan penyebutan yang salah atau keliru, mohon dikoreksi dan komen dibawah dengan meng-klik post comment agar kita bisa perbaiki. semoga bermanfa'at. Terimakasih.

Penulis : Cloucia
Editor : Ardy Stania
Sumber : bermacam-macam referensi

0 Response to "CARA SETTING TIMER OMRON H3BA"