butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 MACAM MACAM JENIS PONDASI - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

MACAM MACAM JENIS PONDASI

MACAM MACAM JENIS PONDASI DAN PERBEDAANNYA


gambar : jenis-jenis pondasi

Pangkalpinang - Hallo sobat stania civil jumpa kali ini kami akan mengulas tentang pondasi dan macam-macam jenis serta perbedaannya.

Pondasi adalah sebuah dasar atau landasan. didalam sebuah susunan bangunan atau konstruksi pondasi adalah bangunan paling bawah dan elemen perlu yang tidak terpisahkan. 
Pondasi merupakan bangunan dasar untuk mendukung atau menghambat beban berasal dari sebuah gedung atau konstruksi. olehkarna itu pondasi kudu dan kudu untuk kuat,kokoh dan stabil. jikalau tidak maka beban yang ditopangnya akan rusak lebih-lebih runtuh.

Dengan ini mari kita bahas mengenai jenis-jenis pondasi cocok bersama kebutuhannya masing-masing. tersedia ua tipe pondasi,yaitu pondasi didalam dan pondasi dangkal.

1. PONDASI DANGKAL

pondasi dangkal umumnya digunakan untuk bangunan yang tidak terlampau berat. jenis-jenis pondasi dangkal diantaranya : 

pondasi memanjang
Pondasi memanjang atau termasuk dikenal bersama pondasi jalur merupakan tipe pondasi dangkal yang berfungsi untuk mendukung beban bangunan yang berupa memanjang. Jenis pondasi ini secara lazim dibikin didalam bentuk memanjang baik itu berupa persegi panjang, persegi, maupun trapesium. Bahan yang biasa digunakan untuk mengakibatkan pondasi ini adalah cor beton tanpa tulang, pecahan batu, serta batu kali.

pondasi raft
Pondasi raft atau biasa termasuk dikenal bersama sebutan pondasi rakit merupakan pelat beton yang punya bentuk rakit melebar. Pondasi ini umumnya digunakan untuk meneruskan beban berasal dari bangunan menuju susunan tanah dasar yang berada di bawahnya. Biasanya pondasi rakit ini termasuk dimanfaatkan sebagai penopang berasal dari lebih dari satu peralatan untuk keperluan industri.

pondasi sarang laba-laba
Pondasi sarang laba-laba merupakan tipe pondasi yang masuk ke didalam pondasi dangkal. Jenis pondasi ini punya bentuk yang serupa bersama sarang berasal dari laba-laba, yaitu punya bentuk jaring-jaring yang melingkar. Pondasi ini pakai tanah sebagai kapabilitas untuk susunan pondasinya.

pondasi setempat
Berbentuk menyerupai telapak kaki, pondasi setempat mengusung besi, batu pecah/koral, pasir cor, dan semen sebagai material utama.Pondasi dipasang tepat terhadap kolom bangunan bersama bentuk persegi atau persegi panjang. Dengan pondasi beton bertulang, pondasi setempat ideal untuk pembuatan rumah satu atau dua lantai.

pondasi tapak
pondasi tapak atau footplate atau pondasi telapak adalah sebuah susunan beton bertulang yang berfungsi sebagai pondasi sebuah bangunan atau konstruksi untuk menghambat beban terpusat yang berupa telapak dan ditambah leher beton bernama pedestal.
Pondasi footplate ini terbagi lebih dari satu jenis, yaitu pondasi tapak plat, pondasi tapak dinding, pondasi tapak gabungan dan pondasi tapak setempat.

2. PONDASI DALAM

Pondasi didalam adalah pondasi tertentu untuk bangunan besar,tinggi dan berat. atau pondasi yang biasa dipakai dijenis susunan tanah yang labil. jenis-jenis pondasi dalam, yaitu :

pondasi tiang pancang
Pondasi Tiang pancang biasa dipasang tegak lurus didalam tanah. Namun, tersedia pula yang dipasang miring (battle pile) supaya mampu menghambat gempuran style horizontal. pondasi tiang pancang sesungguhnya terbilang relatif lebih mahal. Namun jikalau dilihat berasal dari kapabilitas bahannya yang kokoh, maka hasil menjadi setimpal bersama ongkos yang dikeluarkan. Ada lebih dari satu macam tipe berasal dari pondasi tiang pancang ini, yaitu tiang pancang kayu, tiang pancang beton, hingga tiang pancang baja. 

pondasi bore pile
pondasi tipe ini berupa tabung panjang yang dibangun ditancapkan ketanah terhadap kedalaman tertentu, pondasi ini dibikin bersama melubangi tanah memakai alat bored pile. Setelah didapat kedalaman yang sesuai, pemasangan bekisting plat besi, rangka besi pondasi, dan pengecoran lubang yang telah dibor menjadi bagian pengerjaan berikutnya.
Proses pengerjaan pondasi yang kompleks ini membuatnya cocok digunakan terhadap pembangunan gedung bertingkat, mal, perkantoran, dan bangunan=banguan berat lainya.

pondasi piers
pondasi ini digunakan untuk meneruskan beban berat terhadap susunan bangunan. langkah pembuatannya hampir serupa bersama membangun pondasi bore pile yaitu bersama metode menancapkan kedalam tanah tetapi fisik berasal dari pondasi piers ini berupa beton precast. 

3. PONDASI DIRIMU

Adalah dasar atau landasan dari kekuatan jiwa dan ragamu untuk menghadapi hidup ini apalagi disa'at kami menyukai dirinya tapi dirinya tidak menyukai dirimu. maka pondasi dirimu akan bisa menahan tembok mukamu yang bertepuk sebelah tangan(just kidding)

Nah, nampaknya pondasi terakhir sudah tidak termasuk dalam atagori bangunan gedung atau konstruksi. bahkan sudah tidak relevan lagi pada judul artikel karna sama sekali tidak ada korelasinya dunia tehnik sipil. bisa jadi karna penulis sudah kehabisan materi yang berarti akhir dari artikel ini.

Terimakasih buat sobat stania civil yang sudah sudi mampir dan membaca artikel-artikel kami. harapan kami agar sobat freelancer sudi pula mengsupport website kami dengan mengklik tombol ikuti atau follow dibawah tampilan website ini.

Kami juga berharap apa yang kami curahkan pada website ini bisa sedikit membantu sobat freelancer atau setidaknya sedikit bisa menambah wawasan sobat freelancer.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih..
Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh...
Salam sejahtwra buat kita semua...

Editor : ardy stania
Sumber : deticon.com, pengalaman pribadi dan beberapa buku koleksi.

0 Response to "MACAM MACAM JENIS PONDASI"