butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 MENGENAL INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

MENGENAL INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL

Mengenali instalasi listrik rumah

 
Staniacivil.com - listrik adalah daya yang ditimbulkan dari sebuah gesekan dari proses kimia yang dapat digunakan untuk menimbulkan energi panas dan cahaya.

instalasi listrik adalah serangkaian komponen listrik dalam satu lingkup untuk menghantar dan mengkonversi listrik menjadi energi dinamis dan kimia. bagiku listrik adalah sumber dari semua teknology yang ada sejauh ini. 
pekerjaan sebagai tehnisi listrik adalah suatu pekerjaan yang unik,asyik,dan beresiko tinggi.
berikut aku uraikan tentang instalasi rumah tinggal.

peralatan kerja

tang kombinasi
tang potong
tang lancip
tang kupas kabel
obeng
taspen
palu
cutter
gergaji besi
lampu senter
isolasi
Bending pipa
perkakas instalasi listrik



Bahan instalasi listrik

berikut ini beberapa jenis bahan instalasi yang sering dipakai diinstalasi rumah tinggal yang standard nasional indonesia(SNI) dan juga mengacu ke persyaratan umum instalasi listrik(PUIL).

kabel  yang digunakan untuk instalasi rumah tinggal biasanya memakai jenis NYA kabel tunggal berbahan tembaga yang berbalut isolator jenis pvc dan ukuran kabel standard PLN untuk rumah tinggal adalah 2.5mm. kita harus menyediakan dua atau tiga warna untuk membedakan fhasa, negatif dan arde.


dan ada juga kabel jenis, antara lain :
  • NYM kabel yang isinya kabel nya menjadi satu utas dan satu balutan isolator pvc
  • NYAF kabel serabut berbahan tembaga yang berbalut isolator jenis pvc 
  • NYM-hy kabel yang isinya beberapa kabel nyaf menjadi satu utas dan satu balutan isolator pvc
  • NYZ kabel dempet dua jenis serabut berbahan tembaga berbalut isolator pvc. namun khusus dipakai untuk arus rendah.

saklar adalah komponen instalasi untuk memutus arus dari sebuah perangkat listrik. ada bermacam-macam jenis saklar, seperti : saklar tunggal, saklar ganda, saklar tripel, saklar handle/saklar tukar,dll.


stop kontak adalah komponen listrik berupa plug in untuk mengalirkan listrik keperangkat listrik lainnya.


fitting lampu tempat duduknya bola lampu

mcb miniatur circuit breaker adalah komponen pemutus arus induk dari instalasi listrik rumah tinggal. fungsi lain dari mcb ini belakang dipakai sebagai sekering. pengaman jika ada arus yang lebih besar dari kemampuan perangkat yang ada. maka mcb ini akan secara otomatis memutus arus sebelom masuk kesemua komponen.

tedus adalah box atau kotak persimpangan pada instalasi. di Tedus ini pula tempat beberapa sambungan untuk diteruskan kegrup grup instalasi lainnya.

Kres dos adalah sejenis T dos namun kredos box untuk simpang empatnya.


pipa listrik tube jalur instalasi tempat kabel kabel tersebut di

elbow untuk tikungan 90derajat namun terkadang bisa diganti dengan selang spiral dan bisa juga pipa listriknya dibending atau dibengkokkan sesuai sudut yang dikehendaki.



elektroda. Adalah logam padat sepanjang setidaknya 1meter biasanya terbuat dari bahan tembaga atau besi. Elektroda ini digunakan untuk arde(penangkal petir) yang akan dipasang di bawah meteran listrik sedalam minimal 1meter sebagai grounding/pentanahan.

serta bahan-bahan tambahan lainnya seperti klim kabel, klim pipa, skrup fitting, dll.

Diagram instalasi/Wiring diagram
gambar: diagram instalasi listrik pada denah rumah

gambar: simbol komponen listrik pada diagram instalasi listrik


jenis sambungan kabel

dibawah ini gambar beberapa jenis sambungan kabel yang sering dipakai diindonesia.

gambar: jenis² sambungan kabel

penting diperhatikan dalam mengerjakan sambungan adalah harus kencang, erat dan rapet. sebab disinilah sering terjadi percikan akibat hubungan arus pendek. karna sambungan yang renggang maka sering terjadi percikan percikan api yang lantas mengakibatkan kebakaran.
dan yang gak kalah penting juga dari sambungan sambungan diatas adalah kerapian mengisolasinya. cara isolasi terbaik yaitu kedap air. 

gambar: cara mengisolasi sambungan kabel

Selain Persyaratan Umum Instalasi Listrik(PUIL), ada lagi ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut :
  1. Undang undang no. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
  2. Undang-undang No. 15 tahun 1985 tentang Ketenagalistrikan.
  3. Undang-undang No. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  4. Peraturan Pemerintah RI No. 10 tahun 1989 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Tenaga Listrik.
  5. Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1995 tentang Usaha Penunjang Tenaga Listrik.
  6. Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi No. 01.P/40/M.PE/1990 tentang Instalasi Ketenagalistrikan.
  7. Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi No. 02.P/0322/M.PE/1995 tentang Standardisasi, Sertifikasi dan Akreditasi dalam Lingkungan pertambangan dan energi.

oke,terimakasih sudah menyimak. jika terdapat informasi yang menurut kamu ada kesalahan pada pengetikan, penempatan,penyebutan yang tidak benar, atau klaim, kritik saran dan yang lainya, mohon dikoreksi melalui komen dikolom komentar atau hubungi penulis melaui kontak-kontak yang kami cantumkan dihalaman/pages. sebab,walaupun kami sudah menulis dengan sangat hati-hati dan melakukan pemeriksaan secara seksama dan berkala sebelom merilis namun tetap saja kami adalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan kekhilafan. jadi mohon dima'afkan dan dimaklumi.(ast)

daftar harga upah berserta bahan pertitik kesepakatan harga bersama

download disini

0 Response to "MENGENAL INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL"